Tuesday, November 14, 2006

My Super Ex-pert Multisemerbak Nose

Ceile, pake bahasa Inggris segala. tapi krn emang ngomongnya ttg multikulturalisme, ya kudu berbahasa Inggris, seenggak2nya judulnya. Tapi sebetulnya yang gue mo omongin bukan multikulutralisme tp lebih ke multisemerbakisme...Nah ini nih pengalaman pribadi.

Sejak gue tinggal di kampung kumpeni ini, ada kepandaian yang gue bisa dan dapat dibilang ahli juga di bidang ini skrg. Bahkan kalo ada program doktornya, gue bisa keterima kalee. Apaan tuch ? (sambil narik kelopak mata bawah gue ala Jaja Miharja. Ih kemana tuh org norak satu ? dah ilang aja). keahlian apakah itu? Yaitu membedakan etnik orang berdasarkan baunya tanpa perlu melihat tampangnya....

Wah, secara gue sekolah di sekolah yang notabene nya sekolah internasional, nah orangnya dateng dr penjuru benua. Mo yang namanya orang dr yang paling putih seputih kapas sampe yang item se-item batubara bisa gue temuin di sekolah gue. Kebayang dah macem2 aja bentuknya, mule dr yang melingker-lingker (emang uler!!!!) sampe yang lempeng rambutnya. Mule dr yang keribo kasar banget kayak sapu bekas gue sampe yang blonde kayak boneka barbie. Macem2 deh bentuknya.

Itu baru bentuknya. Nah belum lagi baunya. Hmmm, mule dr yang semerbak mewangi bak bunga di taman sari sampe yang bau ketek kiriman dr negeri kegelapan di luar dimensi sono. Kebayang aja kl lagi kuliah baunya kayak apa. Nah lebih dr setaun disini hapal dah gue luar kepala sama bau2nya masing2....

Kl lu mau bukti, lu jejerin aja di muke gue nih orang Afrika, Latin, Bule, Cina, Asia selatan, sama Asia tenggara, en suruh gue bedain. Niscaya (bahasa jebots banget neh, tp perlu gue lestarikan) gue bisa bedain mereka meski mata gue ditutup. baunya spesifik.

Kl gue bisa kasih penilaian kasar, orang2 dr benuanya Nelson Mandela yang ada di sekolah gue tergolong yang paling bau, meski ada juga sebagian kecil yang kenal sama teknologi parfum. Kl org2 dr kelompok ini baunya ampun maak, semerbak banget. bau ketek bin bau babi kl kata gue sih. kadang2 mabok bener gue kl dah kecium bau gitu, terutama jam istirahat geto. Bujug dah....

Abis itu orang kedua bau, yang berasal dr Asia selatan, Indihe en sekitarnya. Gak tau nih org2 ini nih baunya khas, kayaknya dari rempah2 yang mereka makan deh. Hmm, kadang2 baunya gak kalah sama yang berasal dari kelompok pertama.

Pernah satu kali, ada bocah dr negeri nehi-nehi main ke kamar gue, katanya mo belajar bareng. Alamak, gue tau nih anak baunya naujubileh....Wah mayan senewen gue pas dia mau ke kamar gue dan belajar bareng pula. Yah bakalan lama di kamar nih. Tp telat juga buat nolaknya.

Ya sutra, dia nongrong dah di kamar gue. Ampun, tuh anak bikin polusi udara lokal di kamar gue padahal semua jendela dah gue buka lebar2, pintu gue buka and sebelumnya gue semprot pewangi pula. Trs dia duduk di sofa gue. Walhasil, pas dia pulang baunya nempel surempel di sofa gue n susah banget ngilanginnya. berhari2 tuh bau tinggal di kamar gue, suka kecium2 seiring semilir angin. Besoknya pas doski mo belajar di kamar gue lagi, gue bilang aja mending cari variasi di kamar yang lain. Wah kagak dah. cukup sekali aku merasa.....

Pernah temen gue cerita die lagi lawatan ke negeri Pangeran Charles, di Birmingham sono. trus doski ngedugem geto. Ada dua disko, yang atu tekno n satu lagi RnB. Yang disko tekno banyakan bule sedang yang RnB dominan dr negeri nehi-nehi. Nah secara doski doyan RnB, nah dipilihlah mo masuk ke disko RnB. Tapi apa dinyana, pas dibuka pintu diskonya, bau semerbak mewangi menusuk2 hidung langsung menyeruak. langsung aja doski batal ngelante disono. "Bisa semaput gue di dalam,"die bilang getho...(ya gak Lie???)

Nah kelompok ketiga nih yang dr negeri kungfu. Nih baunya juga agak ajaib meski gue masih bisa toleran sama yang ini. masih manusiawi lah. Sekelompok sama kelompok mas n mbak bule, mereka cenderung kenal teknologi parfum. wangi2 n necis2. Tp kl dah summer bule2 baunya mayan semerbak juga. Maklum mereka gak biasa kepanasan, jadi sekali kepanasan agak kaget juga kulitnya.

Nah, yang paling mantep itu orang latin. Mereka rata2 kenal gaya. Kl di orang Indo, orang latin tuh kayak orang menado, biar tekor asal kesohor (hehehe, sori neh orang menado, kagak maksud...) mereka nih dendi2, gayanya ala shakira n enrike iglesias semua. gaya n wangi deh. Mantap.

Nah dimane posisi orang kite? Kl boleh objektif, orang kite itu kagak gaya, cenderung out of fashion, yak kl dibandingin bule n latin, indo gayanya kalah jauh. Tapi untungnya orang kita tuh kagak bau pada umumnya (inget, pada umumnya!!! yang bau sih ade aje...), baunya netral. Beberapa dah kenal teknologi parfum juga, termasuk gue neh, hehehehe. Yah, seenggak2nya klo gak bau, orang gak takut untuk mendekat.

Yah sebetulnya buat mereka-mereka yang semerbak itu gue cuma pengen memperkenalkan teknologi sederhana yang namanya mandi, deodoran sama parfum. Gak mahal kok mas en embak. Sabun mandi itu 1 euro, deodoran itu cuma 1,5 euro, dan parfum Axe itu cuma 2,5 euro. Semua ada di supermarket terdekat. Nah, dengan modal 5 euro sebulan ente-ente dah pada wangi dah. Kagak bakalan nyusahin orang-orang sekitarnya lagi....Ampuuun dah....

1 comment:

PROYEKKATA said...

haiyah Tomi, menyambung kenistaan pagi hari gue ini...ckckck...ternyata lu embarkasi biang nista surista (sekaligus penggemar inul daratista?hahaha). gue ngebayangin pasti lo lagi terkenang2 mbak mie ayam stasiun kalibata deh nih...bau kelek. padahal kan kelek enak juga tom, terutama saat berbuka puasa, kelek pisang..hihihi.