Wednesday, November 15, 2006

Mas Pujangga, riwayatmu kini....

Tadi karena kurang kerjaan, gue buka2 kabar dr tanah air. Mulai dr berita mas Bush mo dateng sampe kabar si Titi Dejeh mo cere sama bule anak marcing band itu (busyet dah, bangkotan gitu masih ikutan dramben aja. Gak kuku...)

Banyak kabar seru sebetulnya, tp yang paling seru pas gue liat nama Taufik Ismail di salah satu situs. Aduh kenapa nih orang selalu aja kabarnya sampe ke telinga gue, padahal gue pengen lupa. coba memori, bawa dia pergi jauh, janji tak kan kembali memori...(karaoke mode on, geto...)

Gue pernah mokal abis sama nih pujangga kawakan. Dulu (taelah, kalo di pelem2 lagi flashback nih, gue terduduk termenung disudut jendela, menerawang ke langit, trus semua langsung berjalan mundur, wah mana jauh lagi 3 tahun yang lalu,...) dia pernah mengukir kisah memalukan dalam bagian hidup gue. Kisah ternista dalam sejarah...(Nah lo, makin penasaran kan, senista apakah kelakuan gue jaman dulu??? Ikuti baik2 penuturan kakak berikut ini....)

Waktu itu hari sudah menunjukkan pukul setengah empat sore. Dah mo deadline nih. Gue masih di Hotel Indonesia bersama kerubungan wartawan bodrek, bodreksin, paramex, param kocok, kiranti, siputih, rapet wangi dan wartawan obat2an bikin pusing itu.

Pujangga kita tercinta yang satu ini kebetulan nge-job jadi salah satu pembicara pas Bulan Bahasa dan Sastra, Oktober 2003, diundang sama Pak Dendy Soegono (bukan begono loh). Gue masih aktif meliput sebagai seorang wartawan polos nan hijau (ingat hijau bukan ijo ato bukan juga kolor ijo) yang lugu (lucu en guoblog).

Dr awal gue emang pengen banget wawancara sama doi. Doi kan terkenal boook... Tp ga tau gw terkenal kenapa selain taunya dia sastrawan and ada di buku pelajaran gue sejak gue mulai bisa baca. Heran gue, stensilan aja gue inget ceritanya ampe sekarang, tp kenapa kisah pujangga baru dan lama begitu mudah dilupakan ya. Harusnya para pujangga kita itu di-stensilisasi-kan juga ya biar bisa diinget generasi muda seperti gue ini...(muda, taek banget..)

Ya udah, abis dia ngebacot di depan penonton tuh, ya gue coba deketin. Ciah, wartawan nih ceritanya. Pas para bodrexin dah berlalu, gue coba ngobrol lebih intens sama doi. Begini nih percakapannya....TI=Taufik ismail (jangan samakan dengan TI nya roy suryo loh, soalnya TI yang ini tidak pandai memprediksi keberadaan Tomi Suharto)...

Gw : Pak Taufik Bisa wawancara? saya dari koran media brewok nih.

TI : Boleh, boleh silahkan aja mas

Gw : (Dengan lagak sok profesional) Gimana pendapat Pak Taufik nih tentang minat kaum muda kita terhadap karya sastra belakangan ini?

TI : Wah cukup memprihatinkan ya, banyak generasi muda yang sudah tidak kenal lagi sama karya2 sastra Indonesia. Mereka lebih tau buku2 baru seperti Harry Potter dan karya2 asing lain dibandingkan karya sastra dari negerinya sendiri. Sangat disayangkan sekali kondisi ini. Nah tugasnya anda nih sebagai wartawan untuk mengabarkan kepada mereka-mereka tentang karya2 sastra Indonesia yang berharga ini.

Gw : lalu pak Taufik, gimana....bla bla bla....

TI : bla bla bla....
..............
.........dah selesai.

Gw : Pak Taufik, saya bisa minta kartu namanya?
TI : Wah saya gak punya kartu nama nih. Saya catat aja buat anda. sebentar...

Terus doi sibuk ngambil kertas di kantongnya sambil nyari2 bolpen. Hening sejenak pas dia ngerogoh2 kantong n tas kecilnya. Krn suasana hening sejenak gitu, gue gak enak donk. gue coba buka percakapan biar agak enak aja dikit. Emang dasar comel gue...Embeeeerrr...

Gw : Pak Taufik, saya dari dulu selalu hobi baca2 cerpen-cerpennya pak taufik. cerpen2 nya ceritanya bagus bagus. kebetulan saya juga hobi nulis cerpen. Wah, saya mau banget bisa nulis cerpen sebagus pak Taufik nih..."(bokis mode on)

Tiba2 dia yang lagi sibuk dengan pencarian kertasnya itu mengangkat kepala, menatap gue datar dan heran, dan dia berkomentar pendek:

TI : Saya gak pernah nulis cerpen, saya nulis puisi!!!

Wadezikhhhhhhh#%@*&^%+^%$.....Tiba2 gue jadi salting, panas dingin meradang seketika.

Dan akhirnya cuma bisa bilang: Ha?"
Mokal abheess...Waduh, buru2 gue terima kertas dari dia, trus gue langsung cabut. Duh, seumur hidup kagak mau gue ketemu sama tuh pujangga lagi, cukup sekali dah....Pujangga, pujangga, riwayatmu kini...

Makanya, memori, tolong daku bawa nih pujangga pergi jauh, janji tak kan kembali memori....(duile, ngefans banget sama tembang lawasnya ruth sahanaya....)...

2 comments:

PROYEKKATA said...

Tom, kalau emang lo ngaku2 penggemar jaja miharjaw, coba katakan...ada berapa kali kata teganya diucapkan dalam sekali reffrain? hahahaha....
kalau bisa njawab berhadiah tur ke maribaya bersama radio spfm-bandar dangdut jakarta.
wartawan yang masih hijau kok kayaknya kurang nista, gimana kalau kita ganti wartawan yang masih polkadot ijo?hahahaha...

PROYEKKATA said...

betewe, emangnya kenapa kalau tua2 masih ikut marcing ben? (tersinggung ni siperkusi...hahahaha, secara gue nge-fans ama mas andy dougharty gitu lowh)...Tom,prediksi gue, berikutnya titi dj akan menikah dgn dedi dores karena nama mereka so jodoh pisan. dedi dores titi dj...dengan diiringi doa restu ati2 di jalan...hwehehe