Wednesday, November 22, 2006

Elegi Seorang Penumpang Gelap di Kereta Jabotabek Kelas Kambing

Ciah, judulnya eye-catching, kayak lagu2nya Dedi Dores. Gak kuku....Judul ini gue ambil setelah perenungan mendalam atas kejadian beberapa hari lalu ketika gue hampir aja kena denda karena kehilangan tiket kereta. Ampun dah, kepala masih nyangkut di leher aja semua dah sering kelupaan.
Kejadian kayak gini, yah, dah jadi pengalaman rutin gue seumur hidup. Tiket udah gue beli, tapi tau nyangsang dimana. Eh tau2nya di kantong mane gitu, cuma kelupaan aja ato keselip kagak sengaja. Emang ra-tol juga kadang2 nih. Wah gue dah degdegan tuh, mane meneer yang jadi tukang periksa galak kayak singa bunting gitu tampangnya....Untung ketemu. Lagi beruntung gue kali ini...
Nah, kejadian satu setengah tahun yang lalu nih kagak se-happy ending yang kemaren itu. ...Wah, itu salah satu hari berkabung gue seumur idup. Najis tralala deh. (Duh, apa gue perlu panggil mbak Uthe lagi ya buat bawa pergi memori, pergi jauh????----> *semi karaoke mode on)
Aduh, hari itu, Juli 2005, langit mendung2 kelabu busuk gitu. Mo hujan tapi mo terang juga. Kagak jelas banget dah. Itu hari harusnya jadi hari yang membahagiakan karena besoknya gue mo siap2 buat acara resmi2an beasiswa gue ke negeri kumpeni. Bangga donk ceritanya. Waduh prestasi deh. Tapi kagak pada tau aja kl sebelumnya ada kejadian yang ampun bikin citra gue bisa luntur sebagai pria baik-baik (baca: pria ningrat).
Kejadiannya gini. Sehari sebelum tuh acara, beberapa anak yang dapet beasiswa ngajakin ngumpul di Plangi. Tau donk Plangi dimana (buat yang kagak tau, saran gue perluas pergaulan loe, jangan cuma main di Mal Kranji atawa MM bekasi aja, gaul di tengah kota juga donk...). Nah, sebelum ketemuan, gue sempetin dah tuh liputan ke UI depok, secara gue masih aktif kerja jadi wartawan polos en lugu tapi sudah tidak hijau (dah tiga taun gethooo, dah tau busuknya dunia perkulitintaan).
Pulang dr liputan di depok sono, gue naik deh kereta kelas kambing Jakarta Kota-Bogor, dr setasiun UI. Gue beli tuh tiket kereta yang cenggo-an, en naik kereta setelah nunggu barang setengah jam-an gitu. Rada penuh juga. Nah, pas di setasiun cawang, gue turun dah.
Pas di setasiun, diujung pintu keluar peron tuh, ada tukang periksa karcis. Secara gue beli karcis ya gue santai2 aja ngeluarinnya. Ngerogoh2 kantong, eh kok karcis yang gue cari kagak ketemu yak? Wah mulai panik nih, mana gue dah di depan yang meriksa karcis lagi. Bener2 ilang dah tuh karcis. Jatuh dikereta kali ya.
Berdasarkan pengalaman gue waktu masih kuliah en naik kereta, kl gak punya karcis, ya boong aja. Kl mo boong, bilang aja 'abo' (abonemen atawa karcis langganan), aman dah, langsung lewat. Nah refleks gue bilang, "Abo...."
Eh, bukannya lolos, malah doi balik nanya, "Mana abo-nya???" Wah, sontak gue kelabakan...Belagak nyari2 en belagak pilon...yah namanya nyari yang kagak ada ya mana bakalan ketemu...Wah, masalah dah gue...
Tuh penjaga bermuka katrok trus langsung melotot ke gue gitu, "Gak ada karcis ya? Ikut ke kantor deh,"...Wah mati gue, dibawa ke kantor...Bukan apa2, mokalnya itu...Gue mo bilang kehilangan karcis tp dah keburu boong.
Udah deh, digiring ke kantor gitu. Disitu ada dua pencopet lagi di bentak2 di kursi, trus gue didudukin disono barengan sama tuh para tukang copet. Apes bener!!!!!!!. Eh mana gue ikut2an dimarahin kayak tukang copet juga, plis deh...
"Kamu ini, naik kereta yang bayar tiketnya murah aja, gak mau beli. Mana pake acara boĆ³ng lagi...". Abis dah gue diomelin bareng2 pencopet. Gue kalem aja, abis mo gimana lagi. Gue mo bilang ke doi kl gue beli tiket di UI tp doski pasti kagak percaya. Gue dah kelanjur boong, wah udah deh, terima nasib.
"Kamu mahasiswa apa kerja? Kl mahasiswa mana kartu pelajarnya?"
Wah, secara gue gak mau buka kartu kl ternyata gue warga terhormat (hahaha, gak kuku...taek banget terhormat) sebagai wartawan di koran media brewok, gue bilang aja, "Saya nganggur Pak. Makanya gak beli tiket. Kagak punya uang..."..*bokis mode on.
Terus doi minta KTP, eh ujung2nya nyuruh gue bayar 50 ribu. Gue nego dah sama tuh orang kayak dipasar uler aja, gue tekenin terus kl gue pengangguran jadi kagak punya duit. Nih orang, si petugas bermuka katrok, mau meres nih. Gue juga gak mau kalah. Setelah tawar menawar, akhirnya gue cuma bayar goceng. Mendinglah, meski rugi bandar...
Abis bayar, beres dah urusan gue. Begitu sampe jalanan langsung gue naik taksi, kabur dr sono, melupakan kejadian memalukan sekaligus kocak abis itu, hahaha. Sekali-kalinya gue merasakan jadi kayak tukang copet ketangkep, cuma bedanya kagak babak belur aja...Yah, pengalaman berharga juga.
Aduh kalo keingetan kejadian sehari setelah itu, gue salaman sama 3 menteri, jadi perwakilan Indonesia yang akan disekolahkan ke luar negeri, jadi perwakilan anak2 pribumi yang bakal mencerahkan masa depan Indonesia (hoaks, berasa pengen muntah, asli...Maklum, kata2nya gue ambil dr brosur beasiswa bersangkutan, kekekekek), wah rasanya ironis banget. Gak pada tau aja, kl 20 jam sebelumnya gue abis kena gep, diciduk n diinterogasi kayak copet. Nasib, nasib....

No comments: